10 Tips Untuk Menjadikan Blog Lebih Baik

on Senin, 10 Januari 2011

Blog adalah media untuk menuangkan ide-ide Anda agar dapat dijangkau oleh kalangan yang lebih luas. Sebuah blog akan merana apabila tidak ada orang yang mengunjungi dan membacanya. Oleh karena itu, kita harus selalu melakukan KAIZEN atau continuous improvement atas blog kita agar menjadi semakin baik.

Berikut ini 10 kiat untuk menjadikan blog lebih baik!

1. Atur atau organisasikan konten Anda. Kita harus belajar untuk menyajikan informasi kepada para pembaca blog kita. Bukan hanya tulisan baru saja yang dapat dibaca oleh pengunjung. Tulisan lama pun, yang tidak lekang oleh waktu, harus dapat dijangkau oleh pengunjung. Oleh karena itu, berikan taut kepada konten lama, misalnya dengan menampilkan popular post.

2. Buat navigasi yang sangat baik. Percuma punya blog kalau tidak dapat mengantarkan pembaca untuk berada dan menelusuri blog kita. Navigasi yang baik akan membantu pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Navigasi yang baik juga akan menunjukkan kepada mereka apa saja yang kita sajikan di blog kita. Blog Cosa Aranda adalah blog yang memiliki navigasi sangat bagus dan patut dicontoh.

3. Jangan memperburuk tampilan dengan menampilkan semua “barang” di blog kita. Jangan biarkan chicklets Anda bertebaran di seluruh permukaan halaman. Pandai-pandailah memilih dan memilah chicklets yang akan ditampilkan agar pengunjung betah di blog kita. Blog yang bertaburan chicklets memang tampak ramai dan meriah. Akan tetapi, banyak pengunjung yang terganggu dengan chicklets-chicklets tersebut. Yang saya maksud dengan chicklets di sini misalnya: iklan dari adsense, amazon widget, kontera, affiliate banner, dan lain-lain.

4. Buat blog berpenampilan baik. Semua orang menyukai penampilan yang baik. Tidak ada orang yang akan melakukan kunjungan ulang apabila blog kita memiliki penampilan yang tidak menarik. Okelah, mungkin satu atau dua kali dia akan berkunjung apabila blog kita memiliki konten yang baik. Sebaliknya, apabila penampilan blog kita tidak menarik dan konten blog kita juga tidak bagus-bagus amat, orang akan mengucapkan selamat tinggal pada blog kita. Usahakan blog memiliki ruang berwarna putih yang luas dan buat paragraf kita rata kiri-kanan supaya penampilannya bagu dan orang mudah untuk membaca.

5. Pastikan blog kita sudah diset ke layanan ping. Ini adalah hal sederhana yang kadang dilupakan orang, terutama apabila dia adalah bloger baru. Kita harus memastikan bahwa blog kita didaftarkan kepada server-server layanan ping. Untuk pemakai WordPress, silakan buka Options > Writing dan isi box paling bawah dengan alamat-alamat ping server.

6. Apabila Anda menampilkan iklan 125×125: pastikan bahwa kesemua iklan itu terlihat. Adalah percuma apabila iklan-iklan itu letaknya di bawah halaman di mana iklan tidak langsung kelihatan. Buatlah iklan-iklan itu tampak di atas. Gunakan themes yang telah menyediakan display iklan 125×125 dengan baik. Themes karya Nurudin Jauhari sangat saya rekomendasikan.

7. Miliki halaman Kontak Saya atau Kontak Kami. Anda memiliki blog yang sering dikunjungi atau memiliki blog baru yang bagus dan pengunjung ingin berinteraksi lebih jauh dengan Anda tetapi tidak bisa? Itu sering terjadi. Banyak yang tidak menyediakan halaman kontak di blognya. Anda tidak memiliki formulir kontak. Lalu, bagaimana saya akan menghubungi Anda?

8. Pastikan Anda tidak memiliki taut yang rusak (broken link).

9. Beri tanggapan balik kepada komentator di blog kita.

10. Jadilah bloger yang baik. Usahakan untuk menulis setiap hari. Hal itu akan membantu Google melakukan ping ke blog Anda lebih cepat.

–oOo–

0 komentar:

Posting Komentar