Komplain sering diidentikan dengan sesuatu yang negatif, kemarahan, dsb.
Padahal sebenarnya komplain adalah sesuatu yang positif.
Sisi positif dari komplain adalah masukan dari orang lain tentang kelemahan kita ataupun perusahaan kita untuk menjadi lebih baik.
Yang harus kita ingat bahwa ketika orang sedang marah maka setan sedang berkecamuk dipikirannya, mereka tidak dapat berfikir secara logis dan tingkat kesadaran dan kecerdasannya dalam ambang yang terendah, Untuk itu pemberian penjelasan atau keterangan dari kita dilakukan ketika kemarahan mereka sudah mereda.
Bagaimana Caramenghadapi komplain yang efektif:
Dengan tidak menjawab dan tidak menjelaskan duduk persoalan ketika customer sedang meluapkan emosi mereka.
Biarkan Mereka melepaskan kemarahan, kekesalan,sampai akal sehat mereka berjalan normal kembali, barulah menjelaskan duduk pesoalannya.
Dikutip dari james gwee.
Label: Entrepeneur
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar