Cara Membuat Menu DropDown

on Minggu, 13 Maret 2011

Kali ini saya akan membahas mengenai tips atau cara membuat menu drop down pada tampilan blog. Untuk merubah tampilan menu drop down pada tampilan blog caranya sebenarnya mudah juga, karena tergantung dari theme yang dipakai oleh blogger. Sebenarnya untuk membuat tampilan drop down ini biasanya sudah disediakan oleh theme yang memang mendukung untuk membuat menu drop down ini.
Dalam hal ini saya memberi contoh salah satu blog saya yang memang masih ada dalam naungan wordpress dot com. Contohnya bisa dilihat pada blog Kangisa yang ini. Diblog tersebut saya menggunakan tampilan drop down blog yang memang sudah disediakan pada themenya sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti petunjuk berikut ini:
1. Masuk kedasbor blog anda, setelah itu lihat menubar yang bertulisakan “Menu” biasanya terletak pada menubar ” Tampilan” atau ” Appearance “.
2. Setelah masuk pada menubar “Menu” tadi, lihat tampilan sebelah kiri. Disitu kita buat “Menu Name” bisa dengan tulisan “Home” atau menurut selera para blogger. Lihat Gambar.
3. Setelah membuat menu name tadi, langkah selanjutnya yaitu memasang nama menu name tadi disebelah kanan pada bar yang bertuliskan ” Theme Locations “.
4. Langkah selanjutnya untuk membuat menu drop downnya kita bisa lakukan cara memasukan link yang akan dibuat menu dropnya atau klik semua isi menubar yang bertuliskan “Custom Links” atau pada “Pages” pilih semua dan klik “Add to Menu”
5. Setelah menu page tadi muncul dibawah menu name, kita tinggal mengatur letak menu yang akan dijadikan menu drop downnya. Lebih jelas lihat gambar.
6. Langkah terakhir setelah menu drop down terbuat, klik save pada menu namenya dan lihat hasilnya.
Setelah berhasil terbentuk, maka tes lah link yang ada menu drop downnya. Bila belum, ulangi langkah – langkah yang tadi, save kembali dan lihat hasilnya, bila berhasil maka selesai sudah membuat menu drop downnya. Sekian ulasan artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua para blogger. Salam sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar